Pidato : The Power of "Cinta Monyet"

PIDATO
“The Power of Cinta Monyet”
Seminar Penyuluhan Remaja Sehat 2014

            Yang terhormat Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar, Bapak Ibu Guru pendamping yang saya hormati, dan saudara/i seperjuangan yang saya cintai.
Salam sejahtera.

            Puji syukur saya haturkan ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat-Nya kita semua diperkenankan berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

            Dengan terwujudnya seminar ini, kami dari Forkom OSIS SMP Kota Denpasar bermaksud untuk memberikan penyuluhan kepada perwakilan siswa – siswi sekolah menengah pertama di seluruh Kota Denpasar. Landasan utama kegiatan ini adalah atas dasar untuk memotivasi siswa – siswi sekolah menengah pertama terkait problematika yang sering terjadi pada masa – masa remaja yang labil yakni cinta monyet .

             Seminar ini mengusung tema “The Power of Cinta Monyet” . Dari tema tersebut kita dapat merumuskan hal – hal yang akan disampaikan dalam penyuluhan kali ini. Antara lain kami akan mengusut tentang kekuatan cinta monyet dalam kehidupan remaja yang berhubungan dengan kepribadian remaja itu sendiri. Selain itu kami akan memberikan tips – tips guna mencegah dampak negatif daripada cinta monyet. Dalam kesempatan ini, saya selaku ketua panitia akan mewakili rekan – rekan saya menyampaikan hal – hal tersebut.

            Hadirin yang saya hormati, seperti yang kita ketahui masa remaja adalah masa mencari jati diri. Masa remaja sangat rawan akan dampak – dampak yang ditimbulkan lingkungan sekitarnya. Banyak hal yang dapat dijadikan pengalaman oleh remaja, salah satunya adalah cinta monyet. Tertarik dengan lawan jenis merupakan hal yang biasa terjadi di kalangan remaja. Mereka saling jatuh cinta namun belum dapat dikatakan menjalin hubungan yang sejati dan serius. Cinta monyet dapat dikatakan sebagai cinta yang sering mengedepankan emosi dibandingkan dengan pemikiran yang logis dan sistematis. Sebab itulah cinta monyet sering menyerang para remaja yang emosinya masih dalam status labil.

            Apakah yang ditimbulkan oleh cinta monyet? Kekuatan cinta monyet membawa pengaruh yang cukup besar dalam kepribadian remaja. Misalnya saja, ketika mereka masih kanak – kanak mereka belum terlalu memedulikan keadaan sesamanya, pikiran mereka masih diliputi keriangan dan keinginan untuk bermain. Ketika mereka beranjak remaja dan mengalami cinta monyet, mereka mulai memikirkan sesuatu yang layaknya dipikirkan oleh orang dewasa seperti keadaan orang yang ia cintai, apa yang sedang dilakukannya, sedang bersama siapa, berada dimana, bagaimana perasaan yang sedang dialaminya, dan sebagainya. 

Hadirin yang saya cintai, marilah kita melihat dampak cinta monyet dari dua sisi. Dipandang dari sisi negatif, cinta monyet dapat menimbulkan kekhawatiran, perasaan takut kehilangan, kekesalan, kemelekatan, kebimbangan, hingga sakit hati. Hal tersebut diakibatkan oleh prasangka buruk terhadap pasangan hingga kemungkinan terburuk adalah pasangan itu sendiri melakukan pengkhianatan. Terlepas dari sisi negatif cinta monyet, alangkah baiknya apabila kita menyadari dan lebih mengacu pada sisi positif cinta monyet. Sisi positif dari cinta monyet adalah dapat membangkitkan semangat, mengusir rasa kesepian, sebagai sarana curhat dan berbagi, mendapatkan pengalaman berharga untuk masa depan, melatih mengendalikan diri serta emosi, dan sebagainya. Hal tersebut diakibatkan oleh perasaan saling menghargai di antara kedua belah pihak, pemikiran yang positif, serta dedikasi terhadap kepribadian pasangan.

Hadirin sekalian, berikut ini kami sampaikan beberapa tips dalam menghadapi cinta monyet, antara lain :
  1. Biasakanlah untuk berpikir dengan jernih, jangan mudah terhasut oleh rayuan yang menjerumuskanmu dalam hal yang negatif.
  2. Lakukan kegiatan – kegiatan positif bersama pasangan, misal belajar bersama.
  3. Selalu optimis dan berpikir positif.
  4. Menguatkan iman dan rajin beribadah.
  5. Lebih baik memilih untuk berteman saja, jika sudah terlanjur masuk dalam cinta monyet, jalinlah relasi dan kerja sama yang baik layaknya sahabat.
  6. Jangan menceritakan semua rahasia kepada pasangan. Hal ini disarankan agar suatu saat ketika terjadi hal – hal yang tidak menyenangkan, pasangan tidak dapat mengumbar rahasia Anda.
  7. Dll.

Demikianlah hal – hal yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. Kita telah mengetahui sekilas mengenai kekuatan cinta monyet, dampak yang ditimbulkan, serta tips – tips dalam menghadapinya. Dengan begitu, kita dapat mengambil tindakan antisipasi terhadap kemungkinan buruk yang dapat ditimbulkan oleh cinta monyet dan mengambil hikmah dari hal – hal positif yang dapat kita terima berkat cinta monyet.

Saya harap dengan penyuluhan ini pikiran kita akan semakin tersadarkan dan kita dapat menjalani masa – masa remaja ini dengan lebih baik lagi. Dan semoga informasi yang saya sampaikan ini dapat memotivasi serta berguna bagi hadirin sekalian.
Akhirnya, saya mohon maaf apabila terdapat beberapa patah kata yang saya ucapkan menyinggung perasaan hadirin sekalian. Terima kasih atas perhatian hadirin dan tetap semangat!

Comments