Cerita LKPO di Palasari

Halo semua! Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan pengalamanku bersama OSIS Sanjose 2012-2013 . Yap, aku akan menceritakan pengalamanku mengikuti LKPO!

Kepo dulu :

Apa sih LKPO itu ?
 - latihan kepemimpinan pengurus OSIS

Event LKPO dilaksanakan rutin ga ?
- Setiap 1 tahun sekali, di 6 lokasi yang berbeda sesuai dengan sekolah yang menjadi tuan rumah

Sekarang kamu mau ceritain apa ?
- Tentang LKPO di Palasari

Tanggal berapa tuh ?
- Tanggal 15-17 Oktober 2012

Siapa aja pesertanya ?
- ada 6 sekolah katolik di Bali . Ada SMP Santo Yoseph, SMP. Soverdi, SMP. Tegal Jaya, SMP. Thomas Aquino, SMP. Wana Murni, & SMP. Santo Paulus.

Dari Sanjose siapa yang dikirim ?
- Giovenny, aku, Michelle, Yola, Yolanda, Tama, Dilan, Jolly, Verdy, Kanda

Seru ga sih ?
- Ah, lo kepo banget, mending baca deh, aku mau jelasin.

CHECK IT OUT!

- Confused morning -

Hello all! tanggal 15 Oktober 2012 yang lalu  , kami pasukan OSIS Sanjose siap berangkat untuk LKPO yang diselenggarakan di Palasari, Jembrana. Perjalanan dari Denpasar ke Palasari ternyata memerlukan waktu sekitar +3 jam . Kami didampingi oleh ibu guru cantik bernama Ibu Indisuari dan pak guru ganteng bernama Pak Loren.

- First day in Palasari -

Hola! Akhirnya sampai juga di tempat tujuan. Disana sudah didirikan beberapa tenda untuk tempat tidur kami setiap malam selama LKPO. Pertama-tama kita semua registrasi. Kemudian kami diperkenankan untuk berkumpul di bale bengong dengan para peserta dari sekolah lain. Pembukaan diawali dengan misa di gereja Kristus Tuhan berlokasi tidak jauh dari tempat pelaksanaan LKPO. Setelah selesai misa, kami semua diperkenankan untuk kembali ke bale bengong untuk melaksanakan upacara pembukaan. Kemudian acara dilanjutkan dengan perkenalan . Kami dikenalkan dengan 3 orang pembina dari Surabaya, yaitu kak Fano, kak Victo , dan kak Videlis. Setelah itu acara dilanjutkan dengan tema "Leadership" disini kami semua diajak untuk menonton "Facing The Giants" disini kami mendapat pelajaran bahwa bagaimana pentingnya peran seorang PEMIMPIN bagi KESUKSESAN tim nya.

Kami semua nampak terharu saat menyaksikan video tersebut. Kami bertekad untuk menjadi seorang pemimpin, seorang pengurus OSIS yang memiliki jiwa KEPEMIMPINAN.

Malam hari dilanjutkan dengan perenungan di gua maria Palasari, dan acara selanjutnya .... neng ning neng : MALAM GELAP HIDUPKU!

Pada malam gelap hidupku, kami melakukan OUTBOUND . Bayangkan saja, malam hari seperti itu kita harus mengikuti outbound. Ditambah lagi dengan dinginnya udara yang menusuk tulang.

Nah, pada malam gelap hidupku kita harus menyelesaikan rintangan yang terdapat di  3 pos , yaitu pos : jaring-jaring, backscrawl, dan persiskan

Di pos jaring-jaring, kami harus memanjati sebuah jaring dan menuruni jaring itu juga! bayangkan rasa deg-degan kami pada saat itu! Kemudian di pos backscrawl kita harus merayapi tali yang telah digantung dan semakin lama semakin tinggi! Dan yang terakhir di pos persiskan, kami disuruh untuk berjalan bergelantungan di 2 tali. Kami juga disiapkan pengaman apabila merasa takut.

Setelah selesai, kami dipersilakan tidur.

- October, 16 2012 -

Hari ini adalah hari kedua dalam serangkaian kegiatan LKPO . Bisa dibilang hari ini adalah hari terlelah! karena kita akan menjalani : Dinamika Kelompok atau yang disingkat MIKAPOK. Namun sebelum MIKAPOK kami diberikan penyuluhan mengenai "problem solving" dan "public speaking" . Pada saat sesi "problem solving" kami semua diuji kekompakannya satu sama lain. dan pada sesi "public speaking" kami perwakilan dari masing-masing kelompok diminta untuk berbicara di depan umum . Kebetulan waktu itu aku juga maju, hehehe. Dan ini yang kubanggakan dari Sanjose, dari 6 kelompok yang ada waktu LKPO, 4 kelompok diantaranya perwakilan berasal dari Sanjose! Dan kebetulan waktu ini public speaking ku dinilai bagus oleh Kak Fano & teman-teman yang lain. Thankyou all!

Akhirnya, waktu MIKAPOK pun tiba. Kami semua  diajak ke bendungan Palasari. Disini kami semua harus menjalani rintangan di 6 pos, yaitu pos : jaring laba-laba, jari-jari , pipa bocor, balloners, buldozer, dan listening.

Pada pos jaring laba-laba, benar-benar menguji keberanian dan kepercayaan kita pada teman satu kelompok. Oh iya, kami juga disuruh untuk menyanyikan yel-yel dari masing-masing kelompok sebelum melaksanakan rintangan. Back to topic, di pos jaring laba-laba semua anggota kelompok wajib dimasukkan ke dalam lubang dari jaring laba-laba yang ada, dan tidak boleh memasuki lubang yang sama apabila sudah digunakan.

Pada pos jari-jari, kesabaran kami diuji. Kami semua disuruh untuk menaikkan hullahoop ke puncak kayu yang telah terdapat lidi-lidi penghambat di setiap permukaan kayu tersebut. Yang buat greget nih, hullahoop itu tidak boleh terkena lidi-lidi tersebut.

Ketegangan saat di pos jari-jari

Pada pos pipa bocor, kami disuruh mengeluarkan 2 tutup botol dengan cara mengisi pipa bocor sampai meluap. Jujur aja ini susah banget, bahkan ga ada yang menang di pos ini. Bayangkan saja, pipa bocor tersebut memiliki 200 lubang! Buat geregetan aja. Dan yang ga luput tentu saja badan basah semua karena tersiram air sungai!

Pada pos balloners, kami disuruh memecahkan balon. Eitt, tapi tunggu dulu memecahkan balonnya ga segampang perkiraan! Habisnya letak balon digantung tinggi banget! Jadi kita harus membentuk formasi agar salah satu teman kita bisa sampai untuk memukul balon itu sampai pecah.

Pada pos buldozer ini tampaknya yang paling enjoy, kita hanya diminta berjalan di dalam terpal sambil digulingkan. Namun kaki kita tidak boleh keluar dari terpal.

Dan yang terakhir, pos listening. Di pos ini salah satu teman kami diminta sebagai navigator sedangkan yang lain ditutup matanya. Kami diminta berjalan bolak-balik melalui tanjakan yang curam banget!

Akhirnya MIKAPOK selesai juga! Kami pun berjalan melewati bendungan sambil menikmati udara segar di Palasari.


Saat di bendungan

Malamnya, kami semua menjalani refleksi, kami diminta untuk mengungkapkan perasaan kita selama mengikuti Malam Gelap Hidupku dan Dinamika Kelompok.
Kemudian acara dilanjutkan dengan API UNGGUN. Mungkin ini event yang dinantikan juga selain MIKAPOK. Penyalaan api unggun sangat meriah, dihiasi dengan pemandangan kembang api nan indah. Dilanjutkan dengan menyanyikan yel-yel dari masing sekolah dan performance. Selain itu diselingi pula dengan games-games seru dan unik. Setelah itu kami semua berdoa dan dipersilakan tidur.

- October  , 17 2012 -

Ini adalah hari terakhir pelaksanaan LKPO . Tak terasa waktu cepat berlalu, pada hari ketiga ini kami jauh lebih santai, hanya mengulas momment-momment tak terlupakan selama 2 hari kemarin. Setelah itu kami bersiap untuk misa penutup dan upacara penutup. Selesai upacara penutup, kami diperkenankan untuk foto bersama. Berikut adalah fotonya :


Foto bersama sebagai kenang-kenangan
Dan ga ketinggalan OSIS Sanjose pun ikut narsis :


OSIS Sanjose 2012-2013

Selesai foto bersama, kami pun diperkenankan kembali ke rumah masing-masing. Akhir kata : Mari kita wujudkan Jiwa Kepemimpinan pengurus OSIS yang terampil, tangguh, dan tanggap !

Selesai baca jangan lupa kasih comment ya, penasaran.


Diva Angelia

Comments

Popular Posts